Lima Mindset Mendatangkan Referral

 Artikel sebelumnya menjelaskan tentang beberapa keuntungan referral. Untuk memulainya, kita perlu memiliki mindset yang tepat bila kita ingin mendatangkan referral dengan efektif.
Apa yang kita sadari dan kita yakini terkait dengan referral akan menentukan keberhasilan kita dalam mendatangkan referral. Bila kita yakin bahwa mendatangkan referral adalah mungkin, maka kita akan melihat banyak peluang untuk mendatangkannya. Sekali saja kita melihat peluang tersebut, kita dapat menerapkan strategi atau taktik yang tepat untuk mendapatkan hasilnya. Sebaliknya, bila kita tidak percaya bahwa kemungkinan untuk mendatangkan referral, maka tidak akan ada peluang yang datang sehingga tentunya tidak akan memberikan hasil apa pun.
Ada banyak mindset untuk mendatangkan referral. Berikut adalah lima mindset yang paling ampuh :
  1. Saya berkomitmen untuk mendatangkan referral. Ini adalah mindset yang paling awal dalam mendatangkan referral. Kita perlu mengambil keputusan tentang bagaimana kita mendapatkan pelanggan kita. Kita tetapkan niat dan berkomitmen untuk mendatangkannya. Lalu, segala strategi dan tindakan kita akan mengarahkan kita kesana.
  2. Saya merasa nyaman untuk meminta referral. Banyak orang yang tidak berani untuk meminta referral. Mereka merasa tidak nyaman atau beresiko untuk melakukannya. Ini adalah limiting belief yang akan menutup pintu peluang rapat-rapat. Sebaliknya, bila kita merasa nyaman untuk meminta referral, maka kita akan lebih percaya diri dan segala pintu peluang akan terbuka.
  3. Saya bersedia memberikan referral. Salah satu jalan tercepat untuk mendapatkan referral adalah dengan memberikan referral kepada prospek, klien, kolega, teman, atau keluarga kita. Apa yang kita berikan, akan kita terima. Bila kita enggan memberikan referral, bagaimana kita bisa menciptakan budaya referral di bisnis kita?
  4. Saya membutuhkan proses untuk mendatangkan referral. Hanya dengan berharap mendapatkan referral dari klien kita adalah bukan rencana yang bagus. Kita perlu lebih proaktif, yaitu dengan menyusun serangkaian proses untuk mendatangkan referral dengan efektif.
  5. Saya mengharapkan datangnya referral. Ketika kita berada dalam satu situasi dan mengharapkan hasil tertentu, maka akan semakin meningkatkan peluang untuk mendapatkan hasil tersebut. Memang tidak menjamin 100%, namun tetap akan meningkatkan peluangnya.

Demikianlah lima mindset ampuh yang kita perlu miliki dalam upaya kita mendatangkan prospek. Memang, segalanya diawali dari pikiran kita, Bila pikiran kita sudah benar, maka tindakan kita pun benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *