Keuntungan Referral

Apabila kita seorang pemilik bisnis, mendapatkan banyak pelanggan yang berkualitas adalah hal yang sangat penting. Ada banyak strategi pemasaran yang bertujuan untuk mendatangkan prospek dan pelanggan ke tempat kita, salah satunya adalah dengan strategi mendatangkan referral. Apakah itu? Referral, secara awam, berarti seorang prospek yang direkomendasikan oleh pelanggan kita.

Banyak bisnis yang berhasil karena mereka banyak mendapatkan referral dari pelanggan, bahkan dari orang yang bukan pelanggan mereka. Referral yang mereka dapatkan menyebabkan terjadinya lebih banyak penjualan dengan proses yang jauh lebih mudah.

Ada banyak keuntungan dengan menggunakan strategi mendapatkan referral. Berikut saya jelaskan berbagai keuntungan tersebut:

  1. Mendatangkan referral hampir tidak membutuhkan biaya. Mungkin biaya yang perlu dikeluarkan hanyalah dalam bentuk hadiah sebagai ucapan terima kasih.
  2. Referral lebih mempercayai kita daripada prospek yang datang dengan cara lain. Pelanggan yang memberikan referral kepada kita tentulah mereka yang sudah sangat mempercayai kita beserta produk atau jasa kita. Tentunya mereka pun akan menyampaikan kepercayaan mereka kepada orang-orang yang mereka rekomendasikan.
  3. Harga produk atau jasa kita bukan menjadi pertimbangan utama. Referral yang datang kepada kita akan cenderung bersedia membayar lebih kepada kita karena kita telah direkomendasikan oleh orang-orang yang mereka percayai.
  4. Proses penjualan kita berjalan dengan lebih cepat. Hal ini dikarenakan komunikasi penjualan telah diawali dengan tingkat kepercayaan yang tinggi dari sisi referral.
  5. Ratio closing kita menjadi lebih tinggi. Ratio closing proses penjualan yang berdasarkan referral biasanya berkisar antara 50 sampai dengan 70%, terkadang malah lebih.
  6. Volume penjualan kita menjadi lebih besar. Pelanggan yang datang karena rekomendasi biasanya tidak berkeberatan untuk membeli lebih banyak. Lagi-lagi, ini karena mereka sudah percaya dengan kita.
  7. Prospek yang datang karena referral cenderung lebih menerima saran-saran kita. Hal ini dikarenakan mereka direkomendasikan oleh teman atau kolega mereka yang telah mendapatkan keuntungan setelah mengikuti saran-saran kita juga.
  8. Referral melahirkan referral. Seorang pelanggan yang datang dari referral akan cenderung memberikan referral juga. Pada akhirnya bisnis kita akan bertumbuh secara eksponensial.
  9. Menjalankan bisnis menjadi sangat menyenangkan. Dengan menjalankan sistem referral yang baik, mendatangkan pelanggan menjadi jauh lebih menyenangkan buat kita.

 Berdasarkan penjabaran di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa sistem referral bekerja dengan baik karena adanya rasa percaya antara kita, pelanggan kita, dan orang-orang yang mereka rekomendasikan.

Artikel berikutnya akan menjelaskan tentang lima mindset untuk mendatangkan referral.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *