Enam Strategi Pemasaran yang Cocok untuk Bisnis Jasa Profesional

Mungkin belum banyak yang memahami bahwa ternyata memasarkan bisnis jasa profesional tidak sama dengan memasarkan bisnis yang menghasilkan barang. Barang itu bisa disentuh, berwujud, bisa dilihat, bahkan ada yang bisa dirasakan sebelum kita memutuskan untuk membelinya. Jasa itu tidak berwujud. Kita tidak bisa mengetahui mutunya sebelum kita membelinya, apakah kita akan menyukainya, atau apakah jasa tersebut akan mampu memberikan solusi yang efektif terhadap permasalahan yang kita hadapi.

Oleh karena itu, ketika kita memutuskan untuk membeli sebuah bentuk jasa untuk pertama kalinya, kita harus mengandalkan pada penilaian kita sendiri tentang orang atau perusahaan yang akan memberikan jasa tersebut. Namun bila kita sudah mengenal orangnya atau mempercayainya maka kemungkinan semakin besar kita akan membeli jasanya.

Berikut adalah enam strategi pemasaran yang kami anggap cocok untuk bisnis jasa profesional. Keenam strategi ini kami urutkan dari yang paling efektif (nomor satu) hingga ke yang paling kurang efektif (nomor enam):

  1. Menghubungi secara Langsung dan Tindak Lanjut

Menghubungi secara langsung dalam hal ini berarti membuat kontak secara langsung kepada calon klien kita. Hal ini bisa dilakukan secara tatap muka, melalui telepon, surat, e-mail, sms, atau secara online. Setelah sudah melakukan kontak pertama, perlu dilakukan tindak lanjut agar hubungan kita dengan mereka menjadi lebih kuat dan mereka menjadi lebih mengenal kita. Ini adalah strategi yang paling efektif untuk memasarkan jasa profesional kita.

  1. Networking dan Membangun Referensi

Networking adalah mengumpulkan nama-nama yang kita bisa manfaatkan untuk menjadi klien, referral, mendapatkan informasi, dan lain-lain. Kita juga bisa mendapatkan orang yang bisa mereferensikan kita dengan nama-nama tersebut yang berkaitan dengan pasar yang menjadi sasaran kita.

  1. Berbicara di depan Umum

Kita akan cenderung mudah diingat bila kita pernah berdiri di depan mereka dan berbicara mengenai suatu topik. Dan dengan berbicara di depan umum mengenai topic yang kita kuasai, kredibilitas kita di mata mereka pun semakin kuat.

  1. Menulis

Menulis artikel maupun blog berkaitan dengan keahlian kita merupakan cara yang tepat untuk dikenali banyak orang dan memperoleh kredibilitas.

  1. Kegiatan-kegiatan Promosi

Berbagai kegiatan promosi seperti mengikuti pameran, menjadi sponsor, dan lainnya, bisa mendekatkan kita pada banyak calon klien. Namun kita juga perlu memperhatikan faktor biaya yang kita perlu keluarkan.

  1. Iklan

Ini adalah cara yang paling kurang efektif untuk memasarkan jasa profesional kita. Namun demikian, terkadang juga berhasil terutama iklan dalam bentuk website atau media sosial.

Secara umum, keefetitvitasan di atas mungkin akan dipengaruhi oleh kondisi, kemampuan, maupun keinginan kita. Misalnya, seorang psikolog merasa tidak cocok untuk menggunakan strategi menghubungi calon klien dia secara langsung dan melakukan tindak lanjut, sehingga dia lebih memilih untuk menggunakan strategi networking atau membangun referral.

Untuk itu, silahkan pilih salah satu dari strategi di atas, kemudian pikirkan beberapa taktik yang kita bisa gunakan, dan jangan menyerah untuk melakukan eksperimen untuk memasarkan jasa profesional kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *