Daftar Periksa Keefektivitasan

Seperti yang kita sudah sama-sama ketahui, Coaching adalah suatu interaksi terus menerus antara dua orang, yaitu Coach dan klien yang membantu klien mengembangkan kemampuannya, mencapai impian-impiannya, dan memberikan hasil yang sukses.

Dan, apa yang terjadi apabila dalam satu atau lebih konteks kehidupan kita yang belum diselesaikan, dan bagaimana hal itu ternyata dapat menguras energi kita, bahkan menguras energi keberhasilan kita? Sesungguhnya, segala hal yang belum beres atau belum selesai akan menguras energi kita untuk mencapai impian-impian kita.

Oleh karena itu, artikel kali ini adalah tentang sesuatu yang sepertinya remeh saja, dan ternyata memberikan dampak yang tidak bisa kita anggap enteng. Hal-hal yang sepatutnya kita, para Coach, dan klien kita, perlu lakukan pertama kali, sebelum kita memikirkan tentang bagaimana mencapai goal-goal kita di masa depan.

Hal-hal apa sajakah itu? Silahkan tinjau daftar di bawah ini dan periksa apakah ada satu atau lebih yang mencerminkan diri kita saat ini. Ikuti saran di daftar tersebut.

  1. Buat sebuah daftar semua hal yang kita perlu kerjakan, dan kerjakan dengan konsisten.
  2. Miliki sebuah buku agenda/organizer. Masukan semua temu janji kita disana. Patuhi janji-janji tersebut.
  3. Bersihkan rumah dan/atau ruang kantor kita.
  4. Bersihkan kendaraan kita, luar dalam. Kirim ke bengkel untuk diperbaiki.
  5. Buang semua barang yang kita tidak gunakan.
  6. Rapihkan file kita dan bersihkan lemari file kita, dan buang file-file yang sudah kita tidak butuhkan lagi.
  7. Bersihkan meja kerja kita. Buang semua barang yang tidak berguna. File-kan kertas-kertas yang penting.
  8. Simpan dan file bukti-bukti pajak kita.
  9. Periksa buku tabungan saldo kita. Cetak buku tabungan kita dengan teratur.
  10. Lunasi semua tagihan kita dengan segera, atau buat kesepakatan kapan kita sanggup melunasinya. Patuhi kesepakakatan tersebut.
  11. Buat daftar semua orang yang berhutang pada kita, atau yang meminjam barang pada kita. Tagih mereka untuk melunasi atau mengembalikannya. Atau, coret orang tersebut dari daftar dan anggaplah sudah lunas.
  12. Buat semua daftar segala kegiatan yang kita telah mulai, sedang berlangsung baik yang baru atau sudah lama, tapi belum selesai. Segera selesaikan kegiatan-kegiatan tersebut, atau putuskan untuk tidak mengerjakannya.
  13. Buat daftar segala kesepakatan/perjanjian yang kita telah buat. Penuhi semua perjanjian tersebut. Negosiasi ulang atau buat kesepakatan baru untuk hal-hal yang kita tidak sanggup memenuhinya.
  14. Ambil tanggung jawab penuh terhadap bisnis/karir/kehidupan kita. Lakukan hanya apa yang kita bisa lakukan, delegasikan sisanya. Setujui hanya pada hal-hal yang kita tahu kita bisa melakukannya. Jangan pernah berjanji terhadap hal-hal yang kita tahu kita tidak akan sanggup mengerjakannya.
  15. Rawat kesehatan tubuh kita.

Nah, kira-kira apakah kita sudah mendapatkan hal-hal yang sesuai dengan diri kita di daftar di atas? Bila ya, segera putuskan untuk mengerjakannya sekarang juga, atau jangan-jangan energi kita akan semakin terkuras untuk hal-hal yang tidak penting dan menghambat kita untuk mencapai impian-impian kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *