Apa yang membedakan Coaching dengan program bisnis lainnya?

Dalam dunia pengembangan usaha/bisnis, ada banyak metode yang ditawarkan, yang masing-masing menyatakan sebagai yang terbaik. Pada dasarnya, kami menyadari bahwa apa pun metode yang Anda pilih, asalkan itu sesuai dengan kondisi dan diri Anda, pasti akan memberikan keberhasilan. Untuk itu, kami ingin menjabarkan dengan lebih obyektif apa yang membedakan proses business coaching dengan proses lainnya, yaitu business mentoring, business consulting, dan business training, sebagai berikut :

  1. Business Mentoring. Proses ini dilakukan oleh seseorang yang biasa disebut Mentor. Dia adalah seseorang yang dipandang ahli, dan dialah yang memberikan saran, bimbingan, nasihat, dan solusi berdasarkan pengalaman dia yang dia peroleh selama menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. Apabila Anda ingin dimentor, Anda akan memilih seorang Mentor  yang memiliki pengalaman di bisnis atau usaha yang sama atau sejenis dengan Anda.
  2. Business Consulting. Sekarang ini sering sekali sebuah Perusahaan menyewa jasa seorang Konsultan karena keahliannya. Proses consulting pada dasarnya melakukan diagnosa mengenai masalah spesifik di bisnis Anda, memberikan solusi, dan biasanya juga menjalankan solusinya tersebut di usaha/bisnis Anda. Ada juga Jasa Consulting yang menawarkan produk mereka sebagai solusi permasalahan bisnis Anda.
  3. Business Training. Program training (pelatihan) tentang bisnis dibuat berdasarkan tujuan-tujuan yang dibuat oleh sang Pelatih. Prosesnya dilakukan di dalam kelas dan biasanya secara masal. Fokusnya adalah memberikan pengetahuan, pemahaman, atau pun ketrampilan seputar topik-topik bisnis.

Dari penjelasan di atas, ada beberapa persamaan antara metode business mentoring, consulting, dan training, yaitu :

  1. Ketiga metode di atas memerlukan seseorang yang lebih ahli, berpengetahuan, atau berpengalaman di bisnis yang sejenis dari klien mereka.
  2. Metode yang diberikan berupa instruksi, saran, nasihat, atau memberikan solusi.
  3. Seorang Mentor, Konsultan, atau pun Trainer adalah figur yang memiliki wewenang yang lebih tinggi dari kliennya, apakah itu dipandang dari sisi keahlian, pengalaman, senioritas, nara sumber, dll.

Proses coaching berbeda secara mendasar dari metode-metode di atas. Berbagai perbedaaan tersebut dijabarkan di bawah ini :

  1. Walaupun membantu, seorang Coach tidak perlu memiliki keahlian dan pengalaman di bidang bisnis yang Anda geluti, karena teknik yang digunakan dalam proses pendampingan sama sekali berbeda dengan pengetahuan bisnis. Seringkali, dengan memiliki keahlian dan pengalaman di bidang bisnis yang sama justru akan menghalangi proses menggali solusi yang seorang Coach perlu lakukan terhadap Anda, karena dia akan terpengaruh oleh asumsi-asumsi yang ada terkait dengan berbagai permasalahan dan tantangan di bidang bisnis Anda.
  2. Seorang Coach tidak bekerja dengan memberikan instruksi, saran, nasihat, atau memberikan solusi secara langsung. Proses pendampingan adalah menggali solusi dari diri Anda, dan bukan dari Coach Anda (appreciative approach). Walau bagaimana pun, seorang Business Coach juga seringkali memberikan berbagai business tools untuk membantu Anda selama proses pendampingan berjalan, namun tools tersebut disesuaikan dengan kondisi bisnis Anda, dan bukan memaksakan bisnis Anda ke kondisi business tools tersebut.
  3. Kedudukan seorang Coach dan Anda adalah setara, tidak ada yang lebih berkuasa selama prosesnya. Saling menghormati dan menghargai satu sama lain adalah format yang sangat menonjol dalam proses pendampingan.

Dengan berbagai penjelasan di atas, sekarang Anda mungkin sudah bisa memastikan apa yang Anda butuhkan. Bila Anda memerlukan seseorang yang lebih berpengalaman dalam bisnis yang sejenis dengan Anda, dan Anda membutuhkan bimbingan dia, artinya anda perlu mencari seorang Mentor yang tepat. Bila Anda membutuhkan seorang ahli yang bisa memberikan solusi terhadap masalah spesifik di bisnis Anda, maka Anda bisa menemui seorang Konsultan Bisnis. Bila Anda ingin mendapatkan pengetahuan atau belajar tentang bisnis, Silahkan mencari program pelatihan bisnis yang Sesuai. Dan bila ternyata Anda membutuhkan seorang profesional yang mendampingi Anda dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda dalam jangka waktu panjang, yang mampu menggali solusi yang ada di diri Anda setiap kali Anda menjumpai tantangan, menghargai hubungan profesional yang setara, selalu menantang diri Anda untuk bertumbuh kembang, membantu menghilangkan hambatan mental (mental block) di dalam diri Anda, maka seorang Coach pastilah sangat sesuai untuk Anda dan Bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *