5 Bagian Penting dari Sebuah Bisnis

Bisnis sudah menjadi bagian kehidupan manusia sehari-hari. Kita tidak mungkin terlepas dari apa yang namanya aktivitas berbisnis. Saat kita menjadi seorang karyawan sebuah perusahaan, artinya kita melibatkan diri dalam suatu bisnis yang menjadi kegiatan di perusahaan tersebut. Ketika kita membeli barang di toko, barang tersebut adalah hasil dari aktivitas bisnis yang kompleks yang memberikan nilai tertentu kepada para pembelinya.

Sudah banyak definisi tentang bisnis. Berbagai definisi tersebut sangat beragam, dari mulai yang paling sederhana hingga yang sangat rumit dipahami. Dari sekian banyak penjabaran mengenai bisnis, ada salah satu definisi yang saya sukai, yaitu yang dicetuskan oleh Josh Kaufman, seorang pengarang buku The Personal MBA.

Menurut beliau, setiap bisnis bisa sukses karena :

  1. Bisnis tersebut menciptakan atau menyediakan produk yang berharga atau bernilai;
  2. Produk tersebut, selain memiliki nilai, haruslah yang dibutuhkan orang;
  3. Orang yang membutuhkan produk tersebut mau membeli dengan harga yang sesuai;
  4. Kebutuhan dan harapan orang yang telah menggunakan produk tersebut terpenuhi;
  5. Bisnis tersebut mendapatkan arus kas dari produk yang dijual hingga mampu membuat bisnis tersebut bertahan dan berkembang secara berkelanjutan.

Agar hal-hal di atas terjadi, maka sebuah bisnis, apakah itu bisnis rumahan, UKM, ataukah bisnis raksasa, haruslah memiliki 5 proses utama di dalamnya, yaitu :

  1. Proses Penciptaan Nilai. Nilai yang berharga di mata seseorang tidak mungkin kita ciptakan tanpa terlebih dahulu mengetahui apa yang dibutuhkan orang tersebut. Jadi sangatlah penting untuk mencaritahu apa yang dibutuhkan orang-orang sekarang atau di masa depan, setelah itu kita membuat produk yang memiliki nilai dan dibutuhkan mereka.
  2. Proses Pemasaran. Apabila produk tersebut memang sudah dibutuhkan, maka kita perlu menarik perhatian banyak orang sehingga mereka mengetahui bahwa kita menyediakannya. Terkadang, kebutuhannya belum ada, tapi bukan tidak mungkin kita menciptakan kebutuhan itu dan membuat mereka sadar bahwa mereka ternyata membutuhkannya.
  3. Proses Penjualan. Orang yang sudah mengetahui dan tertarik dengan produk kita belum tentu langsung mau membelinya. Tugas kita adalah secara proaktif memastikan bahwa mereka memutuskan jadi membelinya.
  4. Proses Penyampaian Nilai. Ketika seseorang menyadari bahwa mereka membutuhkan produk yang kita miliki, dan kita telah menjanjikan nilai yang mereka akan dapatkan, sudah seharusnyalah kita memastikan agar nilai yang kita sudah janjikan itu memang mereka terima atau rasakan saat menggunakan produk kita. Hal ini berujung pada kepuasan yang mereka rasakan ketika kebutuhan mereka kita penuhi. Apabila mereka puas, ada kemungkinan mereka akan datang kembali untuk membeli, bahkan mereka akan merekomendasikan produk kita kepada rekan dan kenalan mereka.
  5. Proses Keuangan. Aktivitas jual beli yang telah terjadi akan menghasilkan uang. Uang yang kita terima perlu kita kumpulkan dan kita kelola sehingga terjadi arus kas yang mendukung keberlangsungan bisnis kita.

Intinya, kita perlu memahami kelima proses mendasar di atas. Ketika kita baru memulai sebuah bisnis, menjabarkannya di bisnis kita adalah sebuah langkah awal yang tepat. Agar kita ingin bisnis kita berhasil, kita perlu memastikan tiap proses ini berjalan dengan efektif.

One Response to 5 Bagian Penting dari Sebuah Bisnis

  1. Wow…. Artikel yang sangat menarik dan bisa menjadi pengetahuan serta inspirasi bagi semua orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *