4 Langkah Menetapkan Bisnis yang Cocok untuk Anda

 Pada artikel sebelumnya saya pernah menceritakan 3 hal penting dalam memutuskan bisnis apa yang paling cocok untuk Anda mulai. Kali ini, saya akan menjabarkan 4 langkah mudah untuk memutuskan lebih spesifik bisnis atau usaha yang paling sesuai dengan diri Anda.
Silahkan mulai dengan mengambil secarik kertas dan pulpen/alat tulis. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Tuliskan satu keahlian atau ketrampilan yang Anda miliki. Jangan malu-malu untuk menuliskan, toh tidak ada yang melihat. Jangan pula pandang remeh apa yang Anda kuasai, silahkan tulis saja. Misal, Anda mungkin punya keahlian: mengetik, menulis puisi, main piano, melukis, berempati, atau apa pun. Silahkan tulis dan pilih salah satu yang paling Anda kuasai dan Anda sukai.
  2. Setelah Anda menetapkan satu keahlian atau ketrampilan Anda, silahkan pikirkan dan tuliskan semua kemungkinan dalam bentuk apa keahlian atau ketrampilan Anda tersebut bisa mendatangkan uang. Dalam hal ini, jangan dianalisa dulu, silahkan tulis apa sajakah yang terbersit di kepala Anda. Misalnya keahlian Anda dalam hal melukis, maka yang bisa mendatangkan uang adalah dengan menjual lukisan Anda, membuka kursus melukis, dll.
  3. Dari hasil nomor 2 di atas, silahkan Anda tetapkan apa yang paling mungkin Anda lakukan sekarang. Mungkin Anda mempertimbangkannya dari sisi modal, kemudahan, kemungkinan peluang, dll. Misal Anda menetapkan bahwa membuka kursus melukis adalah alternatif yang paling memungkinkan.adalah dengan membuka kursus melukis.
  4. Buat perencanaan detil. Segala tindakan yang Anda perlu lakukan selanjutnya perlu diawali dengan perencanaan yang matang dan detil. Silahkan tetapkan kapan Anda akan memulai membuka usaha Anda, dimana, dan apa saja yang Anda akan jual, berapa harganya, hal-hal lain apa yang Anda perlu lakukan, dll.
Demikian 4 langkah sederhana yang Anda bisa lakukan untuk menetapkan bisnis apa yang paling cocok bagi Anda. Bila hasilnya kurang sesuai untuk Anda, silahkan mulai lagi dengan menetapkan keahlian atau ketrampilan lain yang Anda kuasai. Selamat melakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *